0

Sobat Tahu.?? Di Windows 8/8.1 Microsoft hanya memberikan Net Framework 4 sebagai default Framework yang terinstall. Padahal masih banyak program yang membutuhkan naungan NET Framework 3.5 yang harus teinstall di PC sobat. Yang jadi masalah, pada Windows 8/8.1 ketika kita ,menginstall software yang membutuhkan Net Framework 3.5, kita hanya bisa menginstallnya secara online. Untuk yang punya koneksi lancar mungkin bisa mendownloadnya, tapi bagaimana dengan yang koneksinya seperti "siput" harus mendownload file sebesar 231 MB ini. Dan lebih sial lagi, ketika kita hendak menginstall Net Framework 3.5 yang kita download, ketika di Instal malah minta NET Framework 3.5 lagi, gak mau kan harus menunggu 2 kali. Sangat menyebalkan bukan, dan sangat menyita waktu dan juga kuota internet untuk Mendownloadnya....

Nah... Pada postingan kali ini, saya akan membagikan cara "Mematikan fitur install online Net Framework dan Menghidupkan fitur install offline Net Framework". Tidak perlu bingung untuk apa saja yang di perlukan dalam cara ini, jika sobat masih punya DVD/USB Installer, sobat tidak perlu khawatir lagi. Karena di dalam Installer Windows 8/8.1 sebenarnya sudah ada NET Framework 3.5-nya, tapi tidak terinstal secara otomatis.

Langsung saja, mari simak caranya dibawah ini........,

Berikut cara mengaktifkan .NET Framework 3.5 pada windows 8 dan 8.1

1. Masukan terlebih dahulu CD/DVD installer windows 8/8.1. Jika kamu memiliki file ISO-nya, bisa langsung di-mount saja. Fitur .NET Framework 3.5 ini terdapat pada folder D:\sources\sxs. (D adalah drive tempat DVD windows di-mounting)


2. Kemudian cari program command prompt, lalu buka menggunakan Run as administrator.


3. Setelah terbuka jendela commend prompt, jalankan perintah berikut
Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:D:\sources\sxs /LimitAccess
Lalu tekan Enter (D adalah drive tempat DVD windows di-mounting). Tunggulah prosesnya beberapa saat.


4. Setelah selesai prosesnya, akan ada notifikasi The operation completed successfully.


5. Untuk mengecek apakah .NET Framework 3.5 sudah terinstall atau belum, Anda bisa membuka Windows Features. Buka Control panel > Programs, lalu klik Turn windows features on or off.


Setelah itu akan terbuka jendela Windows Features. Disini kamu akan melihat pada opsi .NET Framework 3.5 sudah ada cekbox-nya, ini menandakan .NET ramework 3.5 sudah terinstal.


Sekarang NET Framework 3.5 sudah terinstal di Windows 8 kamu.
Sudah pada tau kan... Sekian tutorial kali ini, terimakasih untuk para pembaca, semoga bermanfaat.....

Post a Comment Disqus

 
Top